Istilah Antariksa
Alam Semesta Alam semesta adalah segala yang ada, semua planet, bintang, galaksi, dan objek-objek lain di Bumi dan di ruang angkasa.
Asteroid Asteroid adalah potongan batuan dan logam yang tersisa setelah pembentukan Tata Surya. Sebagian besar bisa ditemukan di antara Mars dan Jupiter.
Atmosfer Atmosfer adalah lapisan gas yang mengelilingi planet. Atmosfer Bumi mengandung oksigen yang kita hirup untuk bernafas.
Atom Atom adalah materi yang membentuk alam semesta. Semua materi terbuat dari partikel kecil yang disebut atom. Tubuhmu juga memiliki miliaran atom!
Awan Oort Sebagian besar astronom meyakini Awan Oort (dibaca O-rt) adalah selubung es raksasa yang menyelubungi Tata Surya. Selubung ini tersusun dari komet-komet.
Bima Sakti Bima Sakti adalah galaksi tempat tinggal kita. Matahari adalah salah satu dari 100 miliar bintang di Bima Sakti.
Bintang Bintang adalah bola gas panas berpijar yang terikat bersama-sama oleh gravitasi. Bintang terdekat dengan kita adalah Matahari.
Bintang Neutron Saat bintang masif menemui ajalnya, bintang itu meledak. Inti bintang selamat dari ledakan tapi termampatkan menjadi bola yang amat sangat kecil bernama bintang neutron.
Bulan Bulan adalah satelit alam yang mengorbit planet. Sebagian besar planet di Tata Surya mempunyai bulan minimal satu, misalnya Bumi. Sebagian planet mempunyai banyak bulan.
Cahaya Kasatmata Ada tujuh jenis cahaya, termasuk cahaya kasatmata. Cahaya kasatmata adalah satu-satunya jenis cahaya yang bisa dideteksi mata kita. Cahaya ini mengandung seluruh warna pelangi,
Debu Kosmis Debu kosmis tersusun atas partikel-partikel sangat kecil di ruang angkasa, Satu kepala jarum pentul bisa memuat banyak sekali partikel ini.
Densitas Densitas atau kerapatan adalah ukuran seberapa banyak materi yang dipunyai suatu objek. Misalnya, balon dan bola bowling bisa saja berukuran sama tapi densitas bola lebih tinggi.
Dentuman Besar Sekitar 14 miliar tahun lalu, alam semesta berukuran ribuan kali lebih kecil dari kepala peniti. Setelah itu alam semesta memuai dan lahirlah alam semesta yang kita kenal sekarang
Diameter Diameter adalah pengukuran jarak untuk bagian paling lebar pada lingkaran atau bola. Contoh: diameter Bumi 12700 kilometer
Eksoplanet Planet luar-tata-surya (atau eksoplanet) adalah planet yang mengorbit bintang yang berada di luar Tata Surya kita.
Elemen Ada lebih dari seratus tipe atom yang disebut elemen. Atom dari elemen tertentu identik satu sama lainnya. Contoh elemen: oksigen, besi, dan emas
Energi Gelap Para astronom mengetahui ada berapa banyak energi gelap (sekitar 68%) karena mereka mengetahui bagaimana energi gelap mempengaruhi alam semesta. Di luar itu, semuanya masih misteri
Galaksi Galaksi adalah sekumpulan besar bintang, berikut gas dan debu kosmis serta objek-objek lainnya. Galaksi tempat tinggal kita disebut Galaksi Bimasakti.
Galaksi Elips Ada tiga jenis galaksi dengan bentuk yang berbeda-beda. Galaksi elips berbentuk seperti bola rugby. Galaksi ini merupakan galaksi tua dan tidak ada lagi pembentukan bintang di sana
Galaksi Iregular Ada tiga jenis galaksi dengan bentuk yang berbeda-beda. Bentuk dan ukuran galaksi iregular atau galaksi tak berauran bermacam-macam.
Galaksi Katai Galaksi katai jauh lebih kecil daripada galaksi normal. Galaksi katai berisi beberapa miliar bintang saja, alih-alih ratusan miliar bintang.
Galaksi Spiral Ada tiga jenis galaksi dengan bentuk yang berbeda-beda. Galaksi spiral adalah galaksi terindah berkat lengan-lengan penuh bintang yang bergelung di sekeliling pusatnya yang terang
Galaksi Starburst Galaksi starburst adalah galaksi tempat bintang-bintang dilahirkan banyak sekali dalam waktu singkat. Biasanya 10.000 kali lebih cepat daripada galaksi normal.
Gaya Gaya adalah dorongan atau tarikan pada suatu objek. Contoh gaya antara lain gesekan dan gravitasi.
Gelombang Gravitasi Gelombang gravitasi terbentuk oleh peristiwa kosmis dahsyat, seperti ledakan bintang atau tumbukan 2 lubang hitam. Seperti riak air, gelombang gravitasi beriak melewati ruang-waktu
Gelombang mikro Gelombang mikro adalah jenis cahaya tak kasatmata. Gelombang ini cocok untuk mengirim pesan ke tempat lain karena gelombang mikro bisa menembus hujan, sallju, dan awan.
Gerhana Bulan Saat Bumi lewat di antara Bulan dan Matahari, Bulan menjadi tertutup bayangan Bumi. Inilah yang disebut sebagai 'gerhana bulan'.
Gerhana Matahari Saat Bulan lewat antara Matahari dan Bumi dan menghalangi sinar Matahari, kita menyebutnya 'gerhana matahari'.
Gravitasi Gravitasi adalah gaya yang menarik semua benda yang memiliki massa. Gravitasi yang membuat kita tetap berpijak di Bumi dan menjaga semua planet tetap mengelilingi Matahari.
Gugus Bintang Gugus bintang adalah sekelompok bintang yang terikat bersama-sama di ruang angkasa. Gugus bintang beranggotakan beberapa ratus atau berjuta-juta bintang.
Gugus Bola Gugus bola merupakan kelompok bintang-bintang yang terikat oleh gravitasi. Anggota kelompok ini jumlahnya sangat besar yakni ratusan ribu atau bahkan jutaan bintang.
Gugus Terbuka Gugus terbuka merupakan kelompok bintang yang terbentuk dari awan gas dan debu raksasa yang sama. Kelompok ini terdiri dari ribuan bintang yang terikat gravitasi yang longgar.
Halo Galaksi Setiap galaksi dikelilingi oleh materi halo, termasuk gugus bintang yang sangat tua, gas dan debu kosmis, dan bahkan materi gelap.
Hujan Matahari Seperti di Bumi, hujan juga sesekali terjadi di Matahari. Hujannya bukan dari air tapi dari gas superpanas bermuatan listrik yang disebut Plasma.
Inframerah Inframerah adalah jenis cahaya tak kasatmata. Temperatur tubuh manusia memancarkan sinar inframerah sehingga detektor inframerah dapat digunakan sebagai kamera penglihatan malam.
Juta Sejuta sama dengan seribu ribu (1.000.000)
Katai Cokelat Katai cokelat oleh sebagian astronom disebut bintang gagal. Tidak seperti bintang, katai cokelat tidak pernah cukup panas untuk dapat memancarkan energi dalam proses reaksi fusi.
Katai Gelap Katai gelap merupakan fase terakhir dari siklus hidup bintang sekelas Matahari. Ketika bintang telah mendingin hingga tak lagi bersinar, bintang itu menjadi katai gelap.
Katai Merah Katai merah adalah bintang sangat kecil dan dingin bila dibandingkan dengan bintang lain. Bintang ini tampak merah karena temperaturnya (bintang terdingin berwarna merah).
Katai Putih Ketika bintang sejenis Matahari telah membakar semua bahan bakarnya, bintang tersebut akan runtuh. Materi di inti bintang akan memampat menjadi bola kecil yang disebut katai putih
Komet Komet tersusun dari es, debu, dan batuan sehingga kadang-kadang disebut "bola es kotor". Komet berasal dari Tata Surya bagian luar. Seperti planet, komet mengelilingi Matahari.
Korona Korona adalah selubung gas amat panas yang melingkupi Matahari.
Lubang Hitam Lubang hitam terbetuk ketika bintang masif mati dan termampatkan menjadi bola yang amat sangat kecil. Gravitasinya sangat kuat bahkan mampu menelan cahaya yang lewat terlalu dekat.
Massa Massa adalah seberapa banyak materi yang dipunyai suatu objek dan merupakan ukuran yang konstan, tidak seperti berat. Sedangkan berat adalah tarikan gravitasi pada suatu objek.
Matahari Matahari adalah sebuah bintang, terletak di pusat Tata Surya dan segala sesuatu di Tata Surya mengelilinginya. Tanpa cahaya dan panas Matahari kita tak bisa bertahan hidup di Bumi
Materi Gelap Materi gelap adalah materi misterius. Dinamai demikian karena tidak memancarkan cahaya apapun. Jumlah materi gelap di alam semesta 5 kali lebih banyak daripada materi normal.
Medan Magnetik Medan magnetik adalah area di sekeliling magnet yang gaya tarik atau gaya tolak magnet tersebut masih dapat dirasakan.
Medium Antarbintang Medium antarbintang (MAB) adalah materi yang berada di ruang antara bintang-bintang. MAB utamanya terdiri atas gas dan debu kosmis.
Meteor Saat meteoroid memasuki atmosfer Bumi, tercipta seleret cahaya, yang biasanya dikenal sebagai meteor atau 'bintang jatuh'
Meteorit Jika meteoroid, komet atau asteroid mendarat di Bumi, objek tersebut disebut meteorit. Setiap tahun sekitar 15.000 ton meteoroid dan debu antariksa lainnya masuk ke dalam atmosfer
Meteoroid Meteoroid adalah batuan kecil yang berkelana di ruang angkasa. Meteoroid berukuran lebih kecil daripada asteroid, mulai dari sebulir beras hingga satu meter.
Miliar Semiliar sama dengan seribu juta (1000.000.000).
Molekul Molekul adalah partikel yang terdiri dari dua atom atau lebih. Contohnya air yang merupakan molekul yang disusun oleh dua atom hidrogen dan satu atom oksigen.
Nebula Nebula adalah awan gas dan debu di ruang angkasa. Sebagian nebula merupakan sisa-sisa bintang mati dan sebagian lainnya merupakan tempat kelahiran bintang.
Nebula Emisi Nebula emisi adalah awan gas dan debu kosmis yang telah dipanasi bintang di dekatnya. Saat awan ini mendingin, awan ini mulai memancarkan cahaya (seperti prinsip kerja lampu neon)
Nebula Gelap Nebula gelap tampak seperti lubang di langit malam, benar-benar hitam, tapi tidak kosong. Nebula gelap adalah awan gas dan debu yang tebal sehingga cahaya bintang terhalang.
Nebula Refleksi Nebula refleksi adalah awan debu kosmis yang memantulkan cahaya bintang-bintang di dekatnya. Awan ini biasanya berwarna biru.
Objek Dekat Bumi Objek Dekat Bumi (Near Earth Object/NEO) adalah objek kecil di Tata Surya, seperti asteroid dan komet, yang bergerak dekat dengan Bumi.
Objek Messier Katalog Messier adalah daftar 110 objek kosmis yang dibuat oleh astronom Perancis bernama Charles Messier pada tahun 1700-an.
Orbit Orbit adalah jalur yang dillaui objek ruang angkasa, satelit, dan wahana antariksa. MIsalnya, orbit Bumi mengelilingi Matahari memakan waktu 365 hari (1 tahun) untuk sekali tempuh.
Pelensaan Gravitasi Struktur masif, seperti galaksi dan gugus galaksi, dapat membelokkan cahaya dari objek di belakangnya karena gaya gravitasinya sangat kuat. Fenomena ini disebut pelensaan gravitasi
Piringan Galaksi Galaksi spiral berbentuk piringan, seperti CD dengan tonjolan di tengahnya. Bagian yang rata disebut piringan galaksi, yang berisi gas, debu, dan bintang-bintang muda.
Piringan Protoplanet Piringan protoplanet adalah cincin gas dan debu kosmik di sekeliling bintang yang masih sangat muda. Di piringan inilah planet dan bulan seperti di Tata Surya terbentuk.
Planet Planet, seperti Bumi atau Jupiter, adalah objek yang mengorbit bintang, misalnya seperti Matahari. Planet tidak memancarkan cahayanya sendiri.
Planetari Nebula Planetari nebula tidak ada hubungannya dengan planet. Planetari nebula adalah awan gas dan debu kosmis yang terbentuk ketika bintang sekelas Matahari melepaskan lapisan luarnya.
Planet Gas Raksasa Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus disebut planet gas raksasa karena jauh lebih besar daripada empat planet yang ada di bagian dalam Tata Surya dan tersusun dari gas.
Planet Katai Planet katai adalah objek di Tata Surya yang lebih besar daripada komet dan asteroid tapi lebih kecil daripada planet. Terdapat 5 planet katai di Tata Surya kita, termasuk Pluto.
Planet Kebumian Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars termasuk planet kebumian. Keempat planet tersebut mirip dengan Bumi dalam hal ukuran dan bahan penyusunannya, yaitu batuan.
Pulsar Pulsar adalah bintang yang amat padat dan berputar ratusan kali per detik. Pulsar memancarkan gelombang radio ke arah Bumi seperti mercusuar memancarkan sinar lampu.
Radio Gelombang radio adalah jenis gelombang tak kasatmata; sering digunakan untuk komunikasi, yaitu mengirim sinyal ke tempat lain. Handphone dan TV menggunakan gelombang radio.
Raksasa Merah Saat bintang seperti Matahari kehabisan hidrogen, bintang tersebut akan mengembang dan menjadi lebih merah, lalu berubah menjadi bintang raksasa merah.
Robot Robot adalah mesin yang dikendalikan oleh komputer. Robot bisa diajari melakukan berbagai hal, seperti membersihkan karpet, menggerakkan teleskop, bahkan membuat mobil.
Sabuk Asteroid Sabuk Asteroid adalah area di Tata Surya yang berada di antara Mars dan Jupiter. Area ini dihuni oleh asteroid dan planet katai.
Sabuk Kuiper Sabuk Kuiper adalah daerah yang dingin dan gelap di Tata Surya. Letaknya setelah Neptunus dan para astronom yakin area itu diisi ribuan komet, asteroid dan benda es kecil lainnya.
Satelit alam Ada dua jenis satelit: satelit alam dan buatan. Satelit alam adalah benda kosmik yang mengelilingi benda kosmik lainnya. Contohnya: Bulan
Satelit buatan Sejumlah satelit buatan sudah diluncurkan ke orbit. Satelit buatan bertugas untuk mengumpulkan informasi dan membantu manusia dalam berkomunikasi maupun untuk navigasi.
Satuan Astronomi Satuan Astronomi adalah jarak rata-rata antara Bumi dan Matahari yakni sekitar 150 juta kilometer
Sinar Gamma Sinar gamma adalah jenis cahaya tak kasatmata. Sinar gamma adalah jenis cahaya yang paling energetik; dihasilkan dari peristiwa dahsyat di alam semesta, seperti ledakan supernova.
Sinar-X Sinar -X adalah jenis cahaya tak kasatmata. Sinar-X bisa menembus jaringan lunak seperti kulit dan otot sehingga sinar ini bisa digunakan untuk memotret tulang yang patah.
Sisa-sisa Supernova Sisa-sisa supenova adalah awan gas dan debu kosmis yang terbentuk oleh ledakan bintang masif. Sisa-sisa supernova adalah apa yang tersisa dari bintang malang.
Sistem Bintang Ganda Empat dari lima sumber cahaya di langit malam bukan terdiri dari satu bintang, tapi dua bintang atau lebih yang saling mengitari. Sistem dua bintang disebut juga Bintang Ganda.
Supernova Ledakan bintang masif di akhir hayatnya disebut supernova. Peristiwa ini salah satu peristiwa paling energetik di alam semesta dan kecerlangannya bisa melebihi kecerlangan galaksi
Tahun Cahaya Tahun cahaya adalah satuan untuk menghitung jarak. Tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun - 9,4 triliun kilometer
Tata Surya Tata Surya beranggotakan Matahari dan segala yang bergerak mengelilinginya. Di dalamnya terdapat 8 planet, 5 planet katai, dan banyak sekali bulan, komet, asteroid, dan meteoroid.
Teleskop Teleskop adalah peralatan yang digunakan untuk melihat objek yang sangat jauh. Teleskop seringkali digunakan untuk melihat planet, bintang, dan galaksi.
Tonjolan Galaksi Tonjolan (bulge) adalah area berbentuk bola di pusat galaksi spiral. Tonjolan ini dihuni bintang-bintang tua beserta gas dan debu kosmis.
Ultraviolet Ultraviolet (sering disingkat UV) adalah jenis cahaya tak kasatmata. Gelombang UV berenergi tinggi. SInar UV dari Matahari bisa merusak sel-sel kulit kita dan menyebabkan sunburn.

Situs ini didanai oleh Program European Community's Horizon 2020 berdasarkan perjanjian n° 638653