Rahasia Pertumbuhan Monster Kosmik
3 Agu 2023

Kisah pertumbuhan lubang hitam muda yang dengan cepat jadi sangat masif, sudah lama jadi teka teki bagi para astronom.

Temui, VERA! Jaringan teleskop radio Jepang yang dioperasikan oleh NAOJ. Belum lama ini, VERA memberi hadiah pada para astronom berupa petunjuk penting untuk teka-teki ini.

Hasil pengamatan sudah memperlihatkan kalau di pusat hampir semua galaksi aktif ada lubang hitam supermasif. Massanya bisa jutaan sampai miliaran massa Matahari. Menurut para astronom, lubang hitam muda bisa bertumbuh jadi kuasar yang sangat kuat. Tapi bagaimana lubang hitam ini bertumbuh masih jadi misteri.

Untuk memahami hal ini, tim astronom internasional mempelajari galaksi aktif yang dikategorikan dalam kelompok galaksi Garis-sempit Seyfert 1 (NLS1). Galaksi-galaksi ini diperkirakan memiliki beberapa lubang hitam yang sedang bertumbuh sehingga para astronom bisa mempelajari tahun-tahun awal monster kosmik ini. Untuk itu, tim astronom mengamati pusat 6 galaksi NLS1 dengan teleskop VERA. Dan hasilnya, mereka mendeteksi polarisasi gelombang radio yang datang dari pusat galaksi.

Dengan data pengamatan ini, para astronom juga menemukan pengukuran penting yang mengindikasi keberadaan sejumlah besar gas di sekitar pusat galaksi. Sepertinya monster lubang hitam ini sedang memakan gas untuk tumbuh lebih cepat dan lebih kuat.

Foto: Semburan yang dilontarkan oleh lubang hitam supermasif yang sedang bertumbuh dengan aliran keluar di sekelilingnya. Kredit: NAOJ.

Tahukah kamu kalau penglihatan VERA itu 100 ribu kali lebih tajam dari mata manusia?