Pelukan Terakhir Sepasang Bintang
22 Okt. 2015

Saat kita melihat ke langit malam, bintang-bintang akan tampak seperti titik-titik cahaya. Tahukah kamu kalau setengah dari titik - titik cahaya itu bukanlah bintang tunggal. Mereka adalah bintang berpasangan atau bahkan lebih dari dua bintang yang berputar mengelilingi satu sama lainnya!

Bintang punya saudara dan terbentuk bersama itu biasa, tapi bintang yang tampak di gambar merupakan pasangan bintang yang paling panas dan masif yang pernah ditemukan.

Pada umumnya, bintang berdua atau bintang ganda, terpisah cukup jauh sehingga untuk bisa mengelilingi satu sama lainnya butuh waktu beberpa bulan, tahun atau bahkan berabad-abad. Pasangan bintang di foto tersebut justru berbeda. Mereka saling mengitari satu sama lainnya dalam waktu satu hari lebih. Tidak sampai dua hari Bumi! (Jangan lupa, Bumi mengelilingi Matahari selama 365 hari)

Kedua bintang ini sangat besar dan panas. Kalau digabungkan, massanya akan sama dengan massa 60 Matahari dan pembakaran di dapur kedua bintang ini mencapai suhu 40000 derajat Celsius. Suhu di permukaan Matahari cuma 6000 derajat Celsius. Itu pun sudah sangat panas. Tak percaya? Manusia di Bumi yang jaraknya 150 juta kilometer saja bisa mengalami sengatan matahari!

Tidak banyak pasangan bintang seperti ini yang bisa kita lihat karena kejadiannya sangat cepat. Tidak mudah untuk bisa menangkap basah aksi mereka. Bahkan tak lama lagi, pasangan bintang ini akan menghadapi malapetaka yang akan mengakhiri hidup keduanya. Ada dua kemungkinan yang akan dihadapi pasangan bintang ini.  Ledakan supernova atau ledakan sinar gamma yang jauh lebih dasyat. Foto yang ditampilkan di laman ini memperlihatkan pelukan terakhir kedua bintang sebelum menemui ajalnya.

Seluruh ledakan sinar gamma yang berhasil diamati, terjadi di luar galaksi bima Sakti dan tidak berbahaya bagi Bumi. Akan tetapi jika ledakan sinar gamma (GRB) terjadi di lingkungan Matahari, efeknya akan sangat berbahaya bagi planet kita.