Kisah Asal Usul Magnetar
23 Agu 2023

Jauh di konstelasi Monoceros yang jaraknya 3000 tahun cahaya, ada sebuah bintang bernama HD 45166 yang sedang bersiap jadi gardu magnet terkuat di Alam Semesta.

Magnetar. Ini adalah bintang neutron yang memegang rekor universal sebagai magnet terkuat di Alam Semesta. Dulu para astronom mengira supaya sebuah bintang menjadi magnetar, maka bintang harus sangat masif. Ternyata, tidak demikian.

Selama lebih dari seratus tahun, para ilmuwan sudah mempelajari bintang HD 45166. Tak banyak yang kita ketahui tentang bintang ini kecuali fakta kalau HD 45166 kaya Helium, lebih masif dari Matahari, dan bagian dari bintang ganda. Untuk lebih memahami keanehan bintang HD 45166, para astronom melakukan pengamatan dengan beberapa teleskop termasuk Teleskop Canada-France-Hawai’i (CFHT) di Mauna Kea.

Fitur bintang HD 45166 mirip dengan bintang Wolf-Rayet. Tapi ada bedanya. Bintang HD 45166 memiliki spektrum yang sangat berbeda. Karena itu, para astronom jadi penasaran dan mulai mencari tahu mengapa bintang ini sangat aneh.

Eureka!

Ternyata, bintang HD 45166 ini merupakan magnet. Data pengamatan terbaru memperlihatkan bintang HD 45166 memiliki medan magnet yang sangat kuat, sekitar 43.000 gauss. Ini medan magnet terkuat yang pernah ditemukan pada bintang masif.

Para ilmuwan menduga kalau bintang ini sedang dalam perjalanan untuk menjadi magnetar. Dalam waktu satu juta tahun dari sekarang, HD 45166 akan meledak sebagai supernova. Pusat bintang akan menyusut dan memerangkap semua garis medan magnet yang kuat. Hasilnya, terbentuklah bintang neutron dengan medan magnet kuat alias magnetar. Diperkirakan magnetar yang terbentuk akan memiliki medan magnet sebesar 100 triliun gauss!

Dengan teleskop, tim astronom juga berhasil mengukur usia dan massa HD 45166. Menurut para astronom, bintang ini terbentuk dari hasil merger sepasang bintang massa menengah. Itu artinya, magnetar yang jadi gardu magnet terkuat di alam semesta bisa terbentuk dari bintang yang tidak terlalu masif pada kondisi yang tepat.

Foto: Ilustrasi bintang yang akan menjadi magnetar, bintang neutron dengan medan magnet terkuat di alam semesta. Kredit: NOIRLab/AURA/NSF/P. Marenfeld/M. Zamani

Bintang Wolf-Rayet WR 124 yang berada 15.000 tahun cahaya dari Bumi di rasi Sagitta merupakan salah satu bintang yang diamati oleh Teleskop Antariksa James Webb dalam pengamatan pertamanya.