Putri Salju dan Planet Katai Kelima
31 Maret 2016

Pernah dengar dongeng Putri Salju dan 7 orang kerdil? Matahari kita juga punya koleksi planet kerdil atau planet katai sendiri. Tidak percaya? Matahari punya 5 planet katai. Nama-nama mereka: Ceres, Eris, Makemake, Haumea dan Pluto

Empat dari planet katai tersebut berada di area terluar Tata Surya yang sangat dingin. Kamu bisa menemukan mereka setelah planet Neptunus.

Planet katai kelima, terpisah sendirian di antara planet Mars dan Jupiter, di area yang dikenal sebagai ‘sabuk asteroid’. Sesuai namanya, area ini diisi jutaan asteroid. Ceres, nama planet katai yang berada sendirian di Sabuk Asteroid dan gambarnya bisa kamu lihat di laman ini.

Apakah kamu bisa menemukan bintik putih bak salju di permukaan Ceres? Inilah teka teki yang harus dipecahkan para ilmuwan selama beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2007, NASA mengirimkan wahana antariksa bernama DAWN untuk melihat bintik salju itu dari dekat supaya para ilmuwan bisa memecahkan misterinya. Tahun 2016, DAWN tiba di Ceres dan mulai mempelajari bintik putih bak salju tersebut. Untuk saat ini, kita semua bisa bermain tebak-tebakan dan menebak terbuat dari apa bintik tersebut.

Bagaimana menurutmu: Apakah bintik terang itu terbuat dari es, batuan atau garam? Apakah bintik salju itu ada di sana karena gunung api ataukah geyser? Kamu bisa ikut menebak dan memilih pilihanmu di laman Dunia Ceres: www.jpl.nasa.gov/dawn/world_ceres/.

Tapi, sebelum kamu ikut memilih, petunjuk terakhir yang baru saja ditemukan memperlihatkan kalau bintik salju tersebut berubah!

Aneh tapi sangat menarik! Setiap hari, materi putih yang aneh ini menguap karena sinar Matahari, mirip genangan air di padang pasir, dan mengilang. Lalu datanglah bagian yang paling menarik! Materi itu muncul lagi! Tentunya ada hal menarik yang terjadi di bawah permukaan Ceres yang mendorong materi itu keluar.

Ceres memiliki lebih banyak kemiripan dengan Bumi dibanding dengan tetangga batuannya yang lain. Para ilmuwan menduga kalau Ceres memiliki lebih banyak air tawar dibanding Bumi! Meskipun demikian, air tawar di Ceres bukan seperti air di Bumi. Di Ceres, air tawarnya berbentuk es yang tersembunyi jauh di bawah permukaannya.

Jika, aktivitas bawah tanah di ceres masih aktif, maka ia akan memiliki cerita berbeda dibanding tetangga asteroidnya! Tunggu kisah penyelidikan selanjutnya dari Ceres!

Ketika pertama kali ditemukan, Ceres juga dianggap sebuah Planet. Tapi seperti halnya Pluto, ia kemudian dikategorikan sebagai planet katai. Jumlah planet di Tata Surya sudah berubah berulang kali sejak pertama kali dikenal. Kunjungi situs ini untuk mengetahui perubahan tersebut dari masa ke masa. cosmos-book.github.io/how-many-planets/index.html