Puf! Bintang Raksasa itu pun Menghilang
30 Juni 2020

Seperti pesulap yang memeragakan trik terakhirnya dalam pertunjukan, sebuah bintang raksasa belum lama ini menghilang dari pandangan kita!

Pesulap yang Aneh

Bintang nakal yang tiba-tiba menghilang itu berada 75 juta tahun cahaya di rasi Aquarius. Antara tahun 2001 dan 2009, sudah banyak astronom yang mempelajari bintang masif misterius ini. Dari penelitian yang dilakukan, diketahui kalau bintang tersebut sudah sangat tua dan sedang berada pada tahap terakhir kehidupannya.

Belum lama ini, ada tim astronom yang tertarik mengamati bintang tersebut dengan Very Large Telescop di Observatorium Paranal, Chili. Para astronom ingin mempelajari bagaimana bintang masif mengakhiri hidupnya.

Tapi, secara mengejutkan bintang masif yang dicari itu menghilang!

Trik Sang Pesulap

Seperti para penonton sulap yang penasaran ingin tahu trik sang pesulap, para astronom juga penasaran bagaimana bintang raksasa itu bisa lenyap.

Bintang masif biasanya berakhir dalam ledakan supernova. Jika bintang masif ini meledak, maka astronom di seluruh dunia pasti tahu dari terangnya di langit malam.

Jadi bagaimana menjelaskan apa yang terjadi? Para astronom punya beberapa ide.

Yang pertama, bintang masih ada di lokasinya tapi tidak bisa kita lihat karena bintang sudah bertransformasi jadi lebih redup. Artinya, bintang tidak lagi melepaskan energi yang cukup besar untuk bisa dideteksi para ilmuwan.

Yang kedua, bintang sudah runtuh menjadi lubang hitam, tanpa ledakan supernova. Mirip seperti asisten pesulap yang menyelinap masuk ke dalam peti dan menghilang dari panggung!

Kalau memang seperti itu, maka tentu peristiwa ini adalah penemuan yang keren. Yang kita tahu, bintang masif pasti meledak sebelum runtuh menjadi lubang hitam. Karena itu, pengamatan lanjut sangat penting untuk bisa mengetahui apa penyebab bintang menghilang.

Yang pasti, sebagai penonton kita harus sabar menanti jawabannya sambil terus mengagumi satu persatu trik terakhir sang pesulap di atas panggung. Alam semesta pun sama. Kita mesti sabar menunggu

Sebelum menghilang, terang bintang raksasa tersebut 2,5 juta kali lebih terang dibanding Matahari! Tidak sulit untuk dikenali.