Hujan Besi di Planet Asing
11 Maret 2020

Pada musim panas, kita sering kali mengeluh kalau cuacanya terlalu panas. Sekarang, bayangkan kalau kamu tinggal di planet yang sangat panas. dengan temperatur harian yang dapat melelehkan logam!

Inilah planet ekstrim yang ditemukan oleh Very Large Telescope milik ESO di Chili. Planet ini temperaturnya bisa melonjak sampai lebih dari 2400º C atau hampir 7 kali lebih panas dari oven saat memanggang kue!

Dunia aneh ini diberi nama WASP-76b dan berada 640 tahun cahaya dari Bumi.

Pada temperatur yang luar biasa membara, siang hari di planet WASP-76b bisa menguapkan logam. Angin yang kuat kemudian membawa uap besi ke sisi malam yang lebih dingin dan uap ini kemudian berkondensasi menjadi hujan besi. Kondisi yang panas juga menyebabkan molekul terurai menjadi atom, dan logam seperti besi meguap ke atmosfer.

Dunia yang keras di WASP-76b menyebabkan planet mengalami perubahan suhu yang sangat besar sehingga terjadilah angin yang juga sangat kuat.

Yang pasti, ini bukan planet yang bisa dikunjungi!

Lebih dari 4100 eksoplanet telah ditemukan. Astronom bisa menemukan planet-planet ini dengan trik pintar seperti “pengamatan goyangan bintang” atau dengan menggunakan bintang sebagai kaca pembesar.