Pahlawan di Tata Surya
20 Juli 2015

Tata Surya punya pahlawan! Ia adalah planet Jupiter, si raksasa yang dua setengah kali lebih masif dari gabungan seluruh planet di Tata Surya. Dan seperti biasa, punya massa besar artinya gaya tariknya juga besar. Dengan kekuatan gaya tarik yang sangat kuat, Jupiter punya peran yang sangat penting di Tata Surya. Melindungi kehidupan di Bumi!

Masih ingat tabrakan asteroid yang memusnahkan dinosaurus 65 juta tahun lalu? Tanpa Jupiter, akan lebih banyak lagi benda-benda yang menabrak Bumi di sepanjang sejarah manusia. Bahkan bukan tidak meungkin tabrakan yang terjadi mencegah kehidupan manusia untuk dimulai!

Tapi beruntung bagi Bumi. Gaya tarik Jupiter mengalihkan sebagian besar komet dan asteroid yang bisa saja mengarah Bumi sebelum mereka mencapai planet tempat kita hidup.  Karena itu, para astronom berpikir untuk mencari kehidupan lain maka mereka harus mencarinya di sistem lain yang mirip Tata Surya.

Sayangnya, “tata surya” lain yang sudah ditemukan memiliki planet masif yang berada sangat dekat dengan bintang induknya. Tidak banyak yang berada jauh dari bintang, seperti halnya Jupiter. Tidak mudah untuk menemukan planet yang berada jauh dari bintang di dalam kegelapan,

Tapi, para astronom baru saja menemukan saudara kembar Jupiter - sebuah planet yang memiliki ukuran seperti Jupiter dan mengitari bintang serupa Matahari. Tak hanya itu, si planet baru ini juga berada pada jarak yang hampir sama dengan Jupiter dari bintangnya.

Penemuan ini memberi harapan baru untuk menemukan tata surya lain yang mirip dan juga untuk menemukan kehidupan lain. Ini semua tak lain karena si pahlawan penyelamat kita!

Jupiter mungkin Pahlawan Bumi. Tapi ia sama sekali bukan raksasa yang lembut. Planet tersebut diselimuti badai ganas yang bisa mengamuk selama ratusan tahun!