Mengapa Kalian Tidak Bisa Menyembunyikan Pesawat Antariksa di Nebula
16 April 2014

Foto baru ini memperlihatkan awan kosmik (atau 'nebula') bernama Gum 41, yang tersusun dari hidrogen, gas yang paling banyak dijumpai di alam semesta.

Di tengah-tengah nebula ini terdapat banyak sekali bintang-bintang muda yang panas dan cemerlang. Bintang-bintang tersebut memancarkan cahaya berenergi tinggi yang menyebabkan gas hidrogen di sekelilingnya memendarkan cahaya merah.

Sebagian besar foto astronomi yang terkenal adalah foto-foto nebula berwarna-warni, seperti misalnya foto ini. Pada foto ini, awan tampak tebal dan terang, tapi sebetulnya itu menyesatkan.

Jika para penjelajah ruang angkasa bisa menerbangkan pesawat antariksanya melewati Gum 41, mereka mungkin tidak akan sadar kalau sedang berada di dalamnya! Awan-awan ini tersebar sedemikian tipis sehingga tampak terlalu redup untuk bisa dilihat oleh mata manusia dari jarak dekat.

Awan-awan ini seperti kabut yang sangaaaaat tipis. Dari jarak beberapa meter, kabut tampak seperti dinding kabur yang akan kalian masuki. Namun, saat kalian berjalan makin dekat, kabut itu seolah-olah lenyap. Kabut senantiasa tampak berada jauh di luar jangkauan. Nah, nebula ini jauh lebih tipis daripada kabut!

Itu sebabnya kenapa awan luas dan terang ini tidak diketahui sebelum tahun 1951!

Kalian tidak bisa selalu mempercayai apa yang kalian lihat di TV; Star Trek, Star Wars, dan Battle Star Galactica telah mempertontonkan pesawat antariksa yang bersembunyi di dalam nebula tebal bergas. Kini sekarang kalian sudah tahu kalau awan-awan itu sama sekali bukan tempat persembunyian bagi kapal antariksa.