Semburan Dahsyat di Angkasa
28 Nov. 2012

Reputasi lubang hitam itu buruk: terkenal karena menghisap apa saja dan apa yang dihisap itu tidak akan pernah terlihat lagi. Fakta yang kurang terkenal mengenai lubang hitam adalah mereka kadang-kadang menciptakan semburan dahsyat yang melontarkan materi. Para astronom baru saja menemukan semburan terdahsyat semacam ini, yang melontarkan materi yang cukup untuk membuat 400 matahari per tahun!

Sebagian besar galaksi mempunyai lubang hitam di pusatnya. Begitu juga dengan Galaksi kita, Bimasakti. Lubang-lubang hitam ini bisa mencapai jutaan bahkan milyaran kali lebih berat daripada Matahari, tetapi ukurannya hanya sebesar bola keciiiiiil. Materinya dipak sepadat mungkin sehingga gaya gravitasinya sangaaaaaaat kuat -- cukup kuat untuk bisa menelan cahaya dan mencegahnya lolos!

Lubang hitam dikenal karena kemampuannya menarik materi, dan seperti halnya air yang terhisap masuk ke saluran pembuangan, materi tersebut membentuk piringan di sekeliling lubang hitam saat ia menjadi santapan si lubang hitam. Karena piringan tersebut berputar semakin cepat dan bertambah cepat, piringan menjadi panas dan kemudian menyemburkan cahaya dan materi yang banyak sekali. Semburan yang menyilaukan ini seringkali dijumpai menyembur dari pusat-galaksi yang paling terang dan disebut quasar.

Semburan dahsyat yang baru ditemukan ini menyemburkan energi sekitar 100 kali energi seluruh bintang di Galaksi Bimasakti digabungkan -- benar-benar monster!

Lubang hitam bukan lubang sungguhan, dan merupakan lawan dari kosong. Dibandingkan obyek lain di alam semesta, lubang hitam mempunyai materi paling banyak dalam ruang terkecil. Yuk, kita buat model lubang hitang dengan UNAWE activity berikut dan cari tahu tentang monster misterius ini!

This Space Scoop is based on Press Releases from Chandra X-ray Observatory , ESO .
Chandra X-ray Observatory ESO