Mengamati Pertumbuhan Bayi Planet
24 Feb. 2011

Para astronom dalam melakukan penelitiannya akan alam semesta selalu ingin tahu bagaimana planet seperti Bumi ini terbentuk. Akan tetapi semua planet yang ada di Tata Surya sudah bertumbuh menjadi planet jadi tidak bisa lagi diteliti bagaimana sebuah planet ketika masih bayi. Untuk itu, para astronom menggunakan teleskop yang canggih untuk mencari bayi planet di sekitar bintang jauh.

Ternyata, planet itu terbentuk dalam piringan debu dan gas yang mengelilingi bintang.  Karena proses kelahiran planet itu terjadi sangat cepat dan karena bayi planet sulit sekali untuk dikenali, astronom tidak dapat melihat bayi planet ini sebelumnya.

Dengan menggunakan empat buah teleskop besar yang dikenal sebagai Very Large Telescope di Chille, sebuah negara di Amerika Selatan maka para astronom bisa melihat bayi planet tersebut. Teleskop yang digunakan untuk melihat bayi planet tersebut memiliki cermin dengan ukuran masing-masing 8 meter – lebih besar dari ukuran ruang kelas !-.  Apa yang ditemukan para astronom tersebut? Ternyata mereka menemukan sebuah obyek yang menurut mereka adalah planet termuda yang pernah ditemukan di alam semesta! Planet ini masih sangat muda dan ia masih berada dalam piringan debu bintang yang jadi orang tuanya.