Apakah itu Burung? atau Pesawat? Bukan, itu Planet Bumi Super!
28 Maret 2012

Waktu kamu melihat ke langit, semua bintang akan tampak sama. Padahal, mereka sebenarnya memiliki ukuran dan warna yang berbeda.  Warna bintang bisa berbeda karena dipengaruhi temperatur permukaan bintang itu sendiri. Terlepas dari apa yang ada di pikiranmu, bintang biru jauh lebih panas dari bintang merah! Pada kenyataannya, bintang merah adalah bintang yang paling dingin! Bintang merah terkecil, yang dikenal sebagai “katai merah”, sampai saat ini merupakan tipe bintang yang umum ditemukan di Galaksi Bima Sakti.

Baru-baru ini, tim astronom yang mengamat langit menggunakan teleskop besar, menemukan planet batuan yang tidak lebih besar dari Bumi ternyata umum ditemukan di bintang katai merah. Planet seperti ini yang ukurannya hanya sedikit lebih besar dari Bumi kita sebuat sebagai “Bumi Super”.

Para astronom memperkirakan 4 dari 10 bintang katai merah di galaksi Bima Sakti memiliki planet Bumi Super yang mengitari mereka pada jarak yang pas dari bintang sehingga planet Bumi Super itu bisa memiliki air dalam wujud cair. (Kalau letak planet terlalu dekat dengan bintang, air akan mendidih dan menguap, tapi air akan membeku kalau planetnya berada terlalu jauh dari bintang induknya)

Karena di Bima Sakti terdapat sekitar 160 miliar bintang katai merah, diperkirakan ada puluhan miliar planet yang ukurannya mirip Bumi di galaksi Bima Sakti yang memiliki lautan. Penemuan ini sangat menarik, karena planet seperti itu bisa saja memiliki kehidupan asing di dalamnya!

Ukuran Matahari kira-kira 100 kali lebih besar dari Bumi, tapi di kalangan bintang-bintang, Matahari hanyalah sebuah bintang katai dibanding bintang lainnya - tepatnya, sebuah bintang katai kuning.